Canon Luncurkan DSLR Pertama Touchscreen

Canon Luncurkan DSLR Pertama Touchscreen

INILAH.COM, London - Canon baru saja mengumumkan kehadiran kamera DSLR terbarunya, EOS 650D. Kamera yang juga dikenal dengan nama Canon EOS Rebel T4i di pasar Amerika Utara ini, merupakan DSLR Canon pertama dilengkapi teknologi layar sentuh.

Dukungan input touchscreen pada kamera yang ditujukan untuk pengguna pemula ini memunculkan sejumlah fitur yang sebelumnya hanya tersedia di kamera saku atau kamera mirrorless, seperti pemilihan area auto-focus (AF) atau pengaturan setting lewat sentuhan jari pada layar. Demikian seperti yang dikutip dari Pocket Lint.

Touchscreenini mampu mengenali gesture input yang umum ditemukan di perangkat smartphone atau tablet, seperti zooming gambar dengan jari dan swiping untuk navigasi foto.

Selain itu, layar sentuh EOS 650D yang berukuran tiga inci juga memiliki engsel fleksibel sehingga bisa diputar ke luar (articulated screen) untuk memudahkan pengambilan gambar dengan anglesulit.

Canon EOS 650D ditanamkan sensor CMOS APS-C dengan resolusi 18 megapixel. Di dalamnya juga disematkan prosesor Digic 5 yang disebutkan mampu meningkatkan kecepatan burst rate kamera ini menjadi 5 fps (frame per detik).

Sensor AF yang digunakan tetap berjumlah sembilan titik seperti pendahulunya, EOS 600D. Namun pada EOS 650D, kesembilan AF Point ini berasal dari jenis cross-type yang lebih akurat. Teknologi ini sama seperti yang digunakan pada EOS 60D.

Canon juga menjanjikan performa AF yang lebih cepat ketika pengguna membidik gambar lewat layar LCD dengan fitur Live View.

Menurut rencana, Canon EOS 650D sudah mulai dipasarkan di Inggris dan AS pada akhir Juni 2012. Kamera ini akan dibandrol dengan harga 800 di Inggris dan US$840 di AS, hanya kamera tanpa lensa. [mor]

Artikel Terkait

Copyright 2011 ISENG ISENG BACA