Victoria Amazonica, Teratai Terbesar di Dunia

Victoria amazonica adalah genus teratai air terbesar yang ada di dunia, dan mengambang di perairan dangkal sungai basin amazon. Diameter daunnya dapat tumbuh lebih dari 3 meter dan beratnya bisa mencapai 31 kg .

Teratai raksasa ini di sebut juga victoria regia sakah satu ratu victoria di Inggris, ketika di temukan oleh petualang yang bernama Robert Schomburgk pada tahun 1836.































Sumber :
artprian.wordpress.com
READ MORE»

Schumacher Mi3, Mobil Remote Control Tercepat di Dunia

Bagi sebagian orang mobil remote control hanyalah sebuah mainan. Tapi siapa sangka kalau sebuah mobil remote control ternyata mampu melaju hingga kecepatan 260 km per jam.

Seorang lelaki bernama Nic Case sepertinya tidak menganggap mainan mobil remote control adalah sesuatu hal yang sepele. Case pun berusaha membuat sebuah mobil remote kontrol yang terkuat dan terkencang di dunia.

http://www.lushbling.com/wp-content/uploads/2011/06/Schumacher-Mi3-small-car-620x413.jpg

Seperti dilansir topspeed, Mobil remote control yang diberi nama Schumacher Mi3 ini dibangun Case untuk mengukir rekor dunia. Enam bulan lamanya Case mencoba membangun mobil remote control tersebut.

Dana sebesar US$ 4.000 atau sekitar Rp 34 juta pun rela dia rogoh untuk menciptakan Schumacher Mi3 hingga mampu berlari dengan kecepatan 161,76 mph atau 260 km per jam.

Kemampuan Schumacher Mi3 itu didapat berkat kepintaran Case mengolah tubuh mobil remote controlnya hingga menjadi bagai peluru.

Sasis mobil remote control ini dibuat dari bahan carbon fiber buatan tangan yang digerakkan oleh motor bertenaga 11 hp. Kekuatan motor ini tersimpan dalam sebuah baterai 12 cell.


Namun meski sudah sanggup menciptakan sebuah mobil remote control yang mampu berlari 161,76 mph, Case sepertinya masih bellum puas.

Kini Case diketahui sedang membangun sebuah mobil remote control yang ditargetkan akan mampu mencapai kecepatan 200 mph atau sekitar 321,86 km perjam.

Sumber :
detik.com
READ MORE»

Fakta Menarik dan Mengejutkan Tentang Negara China

1. Lebih dari 4.000 bayi di Cina diberi nama "Olympic Games" ketika negara itu sedang bersiap-siap menyelenggarakan Olympiade Beijing 2008.


Lebih dari sekedar satu kebanggaan bagi Cina, Olimpiade Beijing menjadi bagian yang begitu penting dari kesadaran nasional hingga lebih dari 4.000 bayi diberi nama menurut perhelatan akbar itu.

Sebagian besar dari 4.104 anak yang bernama ”Aoyun”, yang artinya olimpiade, dilahirkan sekitar tahun 2000 sewaktu Beijing sedang berupaya diterima menjadi tuan rumah perhelatan olahraga musim panas 2008 itu. Kebanyakan anak yang diberi nama Aoyun adalah laki-laki.


2. Cina menghukum mati orang tiga kali lebih banyak dibandingkan semua negara lain di dunia.

http://farm4.static.flickr.com/3507/4557443076_63a243468e_o.jpg

Ada tiga kali lebih banyak orang dihukum mati di Cina dibandingkan di negara-negara lain dijadikan satu, demikian perkiraan minimal yang terbaru oleh pihak Amnesty Internasional.

Badan ini di tahun 2008 mengkonfirmasi sebanyak 1.718 hukuman mati dari laporan berita dan catatan publik, tapi banyak lagi yang tidak dilaporkan. Beberapa analis mengatakan angkanya mungkin di atas 6.000. Jumlah sebenarnya dirahasiakan negara.

Eksekusinya banyak yang dilaksanakan di jalanan di dalam mobil gerbong yang dijuluki van maut hasil rancangan Jinguan Motors. Mereka menyatakan eksekusi dengan van dan suntikan lebih beradab dibandingkan ditembak mati, lagipula si terhukum mati lebih cepat, lebih secara klinik dan lebih aman.

Menurut mereka digantinya hukuman tembak dengan suntikan mati menandakan Cina sekarang “mempromosikan” hak asasi manusia.


3. Setiap tahun di Cina menghabiskan 45 miliar sumpit.


Di Cina, setiap tahunnya, diperkirakan 45 miliar pasang sumpit dipakai dan dibuang sesudahnya. Itu sama dengan 1,7 juta m3 kayu atau 500 ribu pohon setiap tahunnya.


4. 200 juta warga Cina hidup dengan kurang dari 1 dollar per hari.


Yang termasuk ke dalam golongan miskin di Cina adalah warga yang penghasilannya di bawah 1,25 dollar per hari. Pada tahun 1981 angka rata-rata warga yang miskin adalah 64% dari total penduduk Cina.

Angka ini turun jadi 10% di tahun 2004, berarti dalam rentang waktu 1981-2004 ada 500 juta warga yang berhasil keluar dari kemiskinan.



5. Lebih dari 700 juta warga Cina minum air tercemar.


Cina berkontribusi terhadap 20% jumlah penduduk dunia, namun hanya memiliki 7% dari sumber air dunia. Celakanya lagi, menurut World Bank, 90% air tanah perkotaan dan 75% sungai dan danau sudah tercemar. Ini berarti 700 juta warga Cina minum air tercemar setiap harinya.



6. Es krim dan pasta mungkin pertama kali diciptakan di Cina.


Sekitar tahun 200 sebelum Masehi di Cina sudah diciptakan semacam campuran beku susu dan beras yang jadi cikal bakal es krim. Juga di sebuah lokasi penggalian arkeologi di bagian barat Cina, diketemukan semangkuk mie berusia 4.000 tahun, yang mungungkapkan Cina mungkin lebih dulu menciptakan pasta daripada Italia.


7. Lebih dari 50% barang palsu yang berada di masyarakat Eropa berasal dari Cina.


Sebanyak 54% barang yang melanggar hak cipta yang beredar di Eropa ternyata pemasok utamanya adalah Cina. CD/DVD merupakan peringkat pertama barang tiruan yakni sebanyak 79 juta keping, berarti 44% dari jumlah seluruh barang tiruan, diikuti oleh rokok (23%) dan pakaian serta pernak-pernik.


8. Cina masih belum bebas dari wabah penyakit abad pertengahan Eropa.


Di tahun 2009 Cina mengakhiri karantina sebuah kota di sebelah barat laut yang diserang wabah radang paru-paru (pneumonia). Meledaknya penyakit yang sangat menular itu menewaskan 3 penduduk desa di sekitar kota Ziketan di propinsi Qing-Hai.

Wabah penyakit itu secara sporadis berjangkit di Cina, khususnya disebarkan oleh hewan pengerat dan kutu, serta mudah menular antar manusia.


9. Menjelang tahun 2025 Cina akan sudah membangun 10 kota metropolitan seukuran New York.


Skala dan langkah urbanisasi Cina akan terus berlanjut dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bila kecendrungan seperti sekarang tetap bertahan, penduduk perkotaan Cina akan membengkak dari 572 juta di tahun 2005 menjadi 926 juta di tahun 2025 dan bakal mencapai angka 1 miliar di tahun 2030.

Jadi dalam jangka waktu 20 tahun penduduk kota-kota Cina akan bertambah sebanyak 350 juta lebih banyak dari seluruh penduduk AS hari ini.

Menjelang tahun 2025 Cina akan memiliki 219 kota yang berpenghuni diatas 1 juta. Juga akan dibangun 40 miliar m3 lantai ruang di 5 juta bangunan. 50.000 dari bangunan tersebut merupakan gedung pencakar langit yang sama dengan 10 kota sebesar New York

Sumber :
taukahkamu.com
READ MORE»

Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China

Seorang anak di China pada 27 Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan “Perbuatan Luar Biasa”. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya anak kecil yang terpilih dari 1,4 milyar penduduk China.

http://4.bp.blogspot.com/_IopnduLyiKQ/TJsoaHoGBhI/AAAAAAAAACg/BeuNQT4q3gY/s1600/chinese+boy.jpg

Yang membuatnya dianggap luar biasa ternyata adalah perhatian dan pengabdian pada ayahnya, senantiasa kerja keras dan pantang menyerah, serta perilaku dan ucapannya yang menimbulkan rasa simpati.

Sejak ia berusia 10 tahun (tahun 2001) anak ini ditinggal pergi oleh ibunya yang sudah tidak tahan lagi hidup bersama suaminya yang sakit keras dan miskin. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan.

Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai.

Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini. Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah.

Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan Papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui.


Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan.

Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya.

Hidup seperti ini ia jalani selama 5 tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat. Zhang Da merawat Papanya yang sakit sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya.

Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

Zhang Da menyuntik sendiri papanya. Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli.

Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi / suntikan kepada pasiennya. Setelah ia rasa mampu, ia nekat untuk menyuntik papanya sendiri. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah terampil dan ahli menyuntik.

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, pembawa acara (MC) bertanya kepadanya,
"Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu? Berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah?

Besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, dan orang terkenal yang hadir.

Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!"

Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, "Sebut saja, mereka bisa membantumu."

Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar ia pun menjawab,
"Aku mau mama kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama kembalilah!"

Semua yang hadir pun spontan menitikkan air mata karena terharu. Tidak ada yang menyangka akan apa yang keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya, mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya?

Mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit? Mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, pasti semua akan membantunya.

Mungkin apa yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya. Aku mau Mama kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia dan papanya.


Kisah di atas bukan saja mengharukan namun juga menimbulkan kekaguman. Seorang anak berusia 10 tahun dapat menjalankan tanggung jawab yang berat selama 5 tahun. Kesulitan hidup telah menempa anak tersebut menjadi sosok anak yang tangguh dan pantang menyerah.

Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern. Saat ini banyak anak yang segala sesuatunya selalu dimudahkan oleh orang tuanya. Karena alasan sayang, orang tua selalu membantu anaknya, meskipun sang anak sudah mampu melakukannya.

Sumber :
jujunjunaedi.multiply.com
READ MORE»

9 Fakta Menarik dan Mengejutkan Tentang Negara China yang Perlu Kamu Ketahui

1. Cina menghukum mati orang tiga kali lebih banyak dibandingkan semua negara lain di dunia.

hukuman mati
Ada tiga kali lebih banyak orang dihukum mati di Cina dibandingkan di negara-negara lain dijadikan satu, demikian perkiraan minimal yang terbaru oleh pihak Amnesty Internasional.
READ MORE»

Menurut Survei, Cat Dinding Biru Lebih Membawa Kesuksesan

Apa warna cat dinding rumah Anda? Jika didominasi warna biru, siap-siap untuk menikmati keajaiban dalam hidup. Berdasarkan sebuah survei di Inggris, mereka yang tinggal di dalam rumah dengan warna dinding biru lebih sukses daripada mereka yang tinggal di rumah dengan warna dinding bukan biru.

http://www.bacain.com/img/2011/05/11052714WMDAq.jpg

Dalam survei yang dilakukan perusahaan cat Sandtex Paints terhadap 3.000 pemilik rumah itu ditemukan, pemilik rumah berdinding biru memperoleh penghasilan rata-rata sebesar £38 ribu setahun atau sekitar Rp462 juta, dan mendapatkan kesempatan dua kali liburan ke luar negeri.

Seperti dikutip dari laman Times of India, setengah dari pemilik rumah berdinding biru menggambarkan diri mereka sebagai direktur, manajer, dan pekerja profesional. Mayoritas dari mereka mempekerjakan tiga orang pembantu di rumah. Mereka juga memiliki hubungan keluarga yang harmonis.

Sementara berdasarkan laporan Telegraph, 14 persen pemilik rumah bercat biru menghabiskan uang simpanan mereka untuk membayar juru masak dan para pelayan profesional, 11 persen mempekerjakan pelayan biasa, dan delapan persen memiliki pengasuh khusus untuk melayani anak-anaknya.

Victoria Jones, juru bicara Sandtex Paints, mengatakan, “Ini sangat luar biasa, berpikir bahwa warna rumah Anda bisa menjadi ukuran seberapa sukses Anda dalam karir dan kehidupan rumah tangga,” katanya.

“Jajak pendapat ini tentu menunjukkan bahwa orang menghias rumah mereka dengan cara berbeda, tergantung pada bagaimana mereka melakukannya dalam kehidupan mereka, sebagai seorang profesional dan sebagai pribadi biasa.”

Namun, hasil survei ini juga menunjukkan bahwa warna kehidupan tidak begitu cerah bagi orang-orang yang tinggal di rumah berdinding hijau. Mereka umumnya hanya mendapatkan penghasilan rata-rata £13.100 per tahun atau sekitar Rp160 juta per tahun. Kebanyakan bekerja sebagai pedagang.

Berikut laba tahunan pemilik rumah sesuai dengan warna dinding, berdasarkan hasil survei tersebut :

Biru: £38 ribu atau Rp462 juta

Merah £23,5 ribu atau Rp285 juta

Putih £23,4 ribu atau Rp284 juta

Magnolia £23,1 ribu atau Rp280 juta

Krem £20,8 ribu atau Rp252 juta

Oranye £20 ribu atau Rp 243 juta

Ungu £19,6 ribu atau Rp238 juta

Abu-abu £19 ribu atau Rp230 juta

Kuning £18,5 ribu atau Rp 224 juta

Cokelat £18,4 ribu atau Rp223 juta

Pink £14,5 ribu atau Rp176 juta

Hijau £13,1 ribu atau Rp160 juta

Sumber :
vivanews.com
READ MORE»

Ditemukan Sawah Terasering Peninggalan Suku Inca

Suku Inca terkenal sebagai suku yang mempunyai peradaban dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Mulai dari ilmu perbintangan, penanggalan, perburuan, dan masih banyak lagi. Salah satu bukti tingginya peradaban suku inika ini adalah tingginya peradaban sistem pertanianya.

Hal ini dibuktikan dengan penemuan sistem sawah terasering suku inka yang sangat terukur dan indah di sebuah wilayah bernama Maras City yang juga merupakan salah satu tempat tinggal suku Inca di zaman dahulu.
















Sawah ini berbentuk terasering melingkar dengan presisi melingkar yang sempurna. Tinggi tiap teraseringnya sekitar 2 meter dengan disertai tata rambat dari batu. Besar kemungkinan sawah ini dulu dipakai sebagai tempat pertanian anggur oleh suku inka.

Sumber :
sekedar-tahu.blogspot.com
READ MORE»

Menakjubkan, Hujan Api di Matahari Terekam oleh NASA

Lidah api matahari meletus pada Selasa (7/6) pagi. Uniknya, letusan tidak menyebabkan lidah api ke angkasa, melainkan kembali ke matahari, menciptakan hujan berbentuk mahkota.

Peneliti surya asal NASA, Jack Ireland, mengaku belum pernah melihat kejadian seperti ini. Letusan terbilang berukuran sedang, tetapi plasma yang mengandung magnet yang dilontarkan lidah api yang disebut filamen bisa berukuran 10 kali Bumi. Kejadian letusan itu terjadi dalam jangka waktu beberapa jam.

http://images.nationalgeographic.com/wpf/media-live/photos/000/302/overrides/space123-solar-filament_30261_600x450.jpg


Filamen yang besar biasanya terlepas dari medan magnet matahari dan mengarah ke luar angkasa. Demikian penjelasan dari ilmuwan NASA, Alex Young. Hanya saja pada kejadian kali ini, filamen kembali ke matahari. "Kemungkinan tidak punya energi yang cukup," katanya.

Hujan plasma tidak jatuh tegak lurus ke matahari, tetapi mengikuti garis medan magnet yang tidak tampak. Beberapa material tertarik ke titik terang aktivitas magnetik, yang disebut area aktif. "Medan manget dari area aktif itu menarik plasma. Sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya," kata Young.

Kejadian itu terekam oleh Solar Dynamics Observatory milik NASA. Kejadian tersebut sendiri tidak akan berefek pada Bumi. "Tak perlu khawatir. Nikmati saja keindahannya," kata Young.

Berikut ini videonya :



Sumber :
dunia-unik.com
READ MORE»

Naqsh-i-Rustam, Tebing yang Disulap Menjadi Istana Oleh Kaisar Persia

Di sebelah utara dari kota kuno Persepolis di Iran terdapat sebuah tebing yang indah bernama Naqsh-i-Rustam. Pembangunan tebing sangat menakjubkan, sungguh mengherankan di jaman yang begitu kuno peradabannya, manusia sudah bisa membuat arsitektur bangunan seindah itu.


Istana tebing ini memiliki pintu besar untuk masuk di dinding tebing. Total ada 4 pintu masuk raksasa yang juga dikenal sebagai Persilangan Persia.

Ukiran-ukiran di dinding ini dibuat dengan sedemikian detil dan sempurna. Di dalam pintu masuk Anda akan menemukan sebuah "camber" kecil di mana raja akan berada di sarkofagus, tapi sekarang sudah kosong.

Tebing-tebing ini juga dikenal sebagai milik Kekaisaran Persia zaman penguasa mulai dari Xerxes, Darius dan Cyrus.


















Di luar juga memiliki relief ukiran berbentuk orang dan kuda, dan prasasti tertua Iran yang pernah tercatat juga dapat ditemukan di sana.

Ini daya tarik wisata dan cara yang baik untuk mengenal sejarah dan budaya Persia tua. Sesuatu yang dapat mengingatkan kita pada Kekaisaran Persia ini adalah Kota Gua yang indah di Georgia yang sebenarnya adalah sebuah biara.














Sumber :
ubaesorso.blogspot.com
READ MORE»
Copyright 2011 ISENG ISENG BACA