Kenapa Koran Efektif untuk Membersihkan kaca?


KORAN adalah benda yang sudah tidak asing bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Koran sering dijadikan sebagai bacaan pengisi waktu luang. Dari koran kita bisa memperoleh berbagai informasi dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, politik, pendidikan, kuliner, kesehatan, dsb. Selain itu, daya tarik lain dari koran ialah soal 'HARGA, yang super murah .
Ternyata selain dijadikan sebagai bahan bacaan, koranpun bisa dimanfaatkan sebagai PEMBERSIH KACA JENDELA. Pernah nggak agan-agan coba bersihin kaca jendela pake koran? Bandingin hasil bersihnya dengan lap kain biasa! Bersih mana?? 
Lantas kenapa koran bisa sangat efektif untuk membersihkan kaca jendela??

Jawaban :
1. Kertas koran bersifat Menghisap
Theodore Lustig dari West Virginia University of Journalism mengatakan,
Kertas koran memiliki pori-pori (ruang antar sel) yang lebar dan tidak terlapisi apa-apa (tidak ada lapisan lilin atau dempul). Oleh karena itu, kertas tersebut berfungsi hampir seperti spons. Hal ini bermafaat untuk tugas yang membutuhkan penyerapan air (termasuk pula membersihkan jendela).

2. Sifat Kertas tidak menolak Air
Menurut Jim Patton, Manajer proses pada Smurfit Newsprint, Pomona, California, kertas koran memang sangat menyerap. Jika kebanyakan kertas dicampuri bahan lem untuk menolak air, tidak demikian dengan koran. Sehingga, kertas koran sangat kecil sifat menolak airnya. Hal ini juga menyebabkan bahwa tinta yang menempel pada koran tidak hanya menempel dipermukaan, tapi bisa meresap !

3. Kertas Koran memberi sifat Mengkilap dan mudah Kering
Menurut Brent Weingard, dari Expert Window Cleaner, selapis tinta yang tertinggal di permukaan jendela itulah yang membuat jendela mengkilat dan terlihat warna-warni.
koran bekas


Artikel Terkait

Copyright 2011 ISENG ISENG BACA