10 Tips Sukses Sebelum Wawancara Kerja

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan ataukah Anda sedang dihadapkan pada sebuah wawancara yang penting bagi pekerjaan Anda. Maka Anda harus mempersiapkan untuk wawancara yang sempurna. Berikut adalah sepuluh langkah yang harus Anda lakukan sebelum Anda masuk ke ruang pewawancara


1. Review resume Anda

Tentu, Anda tahu itu dengan hati. Tapi apa yang tertangkap mata perekrut ini atau pro SDM? Pengalaman khusus? Pelatihan yang unik? Sejarah stabil dan kemajuan karir? Review resume Anda dari sudut pandang pewawancara. Ini dapat memberikan wawasan kebutuhan karyawan perusahaan, sesuatu yang tentu akan menguntungkan untuk mengetahui kondisi apa yang akan Anda masuki.

2. Telusuri secara on-line

Internet berguna sekali bagi Anda dalam penyusunan surat pengantar pribadi yang ditargetkan pada kebutuhan penerima. Oke, kunjungi situs web perusahaan lagi dan mulai mengambil catatan. Perusahaan petugas, siaran pers terbaru, laporan tahunan perusahaan. Kumpulkan informasi sebanyak yang Anda bisa tentang pekerjaan yang akan Anda hadapi.

3. Belajar, belajar, lalu menghafal

Semakin Anda belajar tentang perusahaan yang memanggil kembali Anda, semakin baik Anda akan merasa berjalan di pintu itu. Pengetahuan adalah kekuatan. Pengetahuan akan membuat Anda lebih percaya diri dalam sikap dan jawaban Anda. Kau tahu hal ini. Anda pernah belajar itu! Pengetahuan tentang produk perusahaan, jasa, protokol dan prosedur menunjukkan pewawancara bahwa Anda proaktif, dengan pengamatan yang detail dan penghargaan atas persiapan yang Anda miliki. Dengan kata lain, Anda akan membuat kesan yang positif.

4. Latih wawancara Anda

Bagaimana Anda bisa berlatih untuk sesuatu yang tidak memiliki script? Tulis satu. Anda tahu pertanyaan khas yang akan ditanyakan pada Anda sehingga tulis beberapa wawasan Anda yang paling, pikiran cerdas tentang keadaan industri Anda dan profesi. Bersiaplah untuk menjelaskan masa lalu, posisi, tanggung jawab dan prestasi. Ini bukan waktu untuk kesopanan palsu, jadi jangan takut untuk menyorot kekuatan profesional Anda dan mengecilkan keterampilan mengetik Anda yang mengerikan. Ingat: itu tidak membual jika itu kebenaran. Mintalah pasangan Anda, anak Anda atau teman untuk memainkan peran pewawancara sehingga Anda menjadi lebih nyaman berbicara tentang diri Anda di depan orang lain. Sekali lagi, ini adalah pembangun kepercayaan diri. 

5. Kembangkan daftar pertanyaan

Wawancara Anda tidak harus terlihat sebagai beberapa jenis interogasi. Ini adalah pertemuan mengenai "mengenal Anda", jadi jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan. Namun, pertanyaan pertama Anda seharusnya tidak "Berapa banyak saya dibayar?" atau "Bagaimana rencana kerja di sini?" Sebaliknya, ajukan pertanyaan yang menunjukkan Anda memahami pekerjaan dan kebutuhan perusahaan. Jadilah cepat untuk menangkap komentar pewawancara dan mengajukan pertanyaan yang relevan.

6. Berpakaian untuk sukses

Wawancara adalah kinerja dengan orang yang memainkan peran berbeda. Peran Anda adalah prospek pekerjaan yang sukses. Mainkan bagian Anda. Apakah Anda perempuan atau laki-laki, setelan bisnis konservatif adalah pakaian yang dianjurkan untuk wawancara apapun. Jika Anda tidak memiliki pakaian yang sesuai pergi keluar dan beli/sewa satu. Tidak harus setelan desainer seharga 8juta, tetapi cari yang hitam konservatif, biru atau abu-abu sesuai budget Anda

7. Rapikan penampilan dan tata rambut Anda

Anda akan memiliki waktu 15 menit untuk membuat kesan yang baik pada saat wawancara. Perlakukan diri Anda dengan baik, pergi ke salon dan rapikan penampilan Anda. Anda harus tampak peduli dengan wawancara ini.

8. Praktik visualisasi positif

Bayangkan diri Anda rileks dan nyaman. Bisa dilakukan dengan mendengarkan musik sebelum wawancara atau kegiatan menyenangkan lainnya sampai Anda bisa merasa bahwa wawancara yang akan Anda hadapi akan menyenangkan.


9. Kumpulkan bahan Anda

Sehari sebelum wawancara, kumpulkan bahan dan tempatkan mereka dalam briefcase/tas. Tidak punya? Beli satu atau pinjam. Bawa salinan tambahan dari resume Anda. Bawa buku catatan dan alat tulis (Anda tidak pernah tahu). Bawa buku alamat Anda dan salinan kartu bisnis Anda. Jika Anda diminta untuk memberikan informasi tambahan (misal, transkrip ijasah) pastikan Anda punya salinannya dan siap untuk diserahkan.

10. Tidur yang nyenyak

Anda sudah melakukan itu semua. Anda sudah mempersiapkan diri, Anda telah membangun kepercayaan diri Anda sehingga Anda dapat melihat pewawancara dengan keyakinan. Anda siap untuk rock ‘n' roll! Oke, terlalu grogi? Anda tidak akan pernah bisa tidur. Malam sebelum wawancara, pergi tidur lebih awal. Minum beberapa susu hangat, teh atau minuman herbal (hindari minuman beralkohol). Tenang. Mengatur alarm dan tidur nyaman

Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Copyright 2011 ISENG ISENG BACA