Cara Membaca Kedaluwarsa Pada Makanan Kemasan

Sering teledor atau bahkan tak mengerti membaca label kedaluwarsa pada kemasan makanan? Padahal hal itu sangat membantu Anda memahami jarak penyimpanan makanan.

Perlu diingat label kedaluwarsa bukan hanya berisi tanggal "keramat" batas penyimpanan makanan, namun juga berisi petunjuk cara penyimpanan dan suhu terbaik penyimpanan agar makanan tetap sehat dan aman.
Untuk itu cobalah simak beberapa catatan yang mengacu pada aturan membaca label kedaluwarsa kemasan makanan yang dianjurkan USDA Food Safety and Inspection Service di bawah ini, mungkin bisa membantu Anda:
Sell-By: artinya tanggal ini mengacu pada berapa lama produk makanan harus ditampilkan untuk dijual. Anda harus membeli produk sebelum tanggal ini berakhir.
Best If Used By (or Before): tanggal ini diartikan sebagai untuk jangka waktu rasa atau kualitas terbaik makanan, namun bukan tanggal kadaluarsa.
Use-By: Ini adalah tanggal terakhir makanan direkomendasikan untuk dikonsumsi namun kualitasnya masih baik.
Closed or coded dates:  Ini adalah nomor kemasan yang digunakan oleh produsen untuk menandakan rak produk, seperti pemisahan kaleng dan kotak makanan.
Agar tetap aman menyimpan makanan kemasan menurut USDA Food Safety and Inspection Service, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut:
1. Membeli produk sebelum tanggal kedaluwarsa.
2. Jika membeli makanan yang mudah rusak segera bawa pulang dan dinginkan pada suhu paling tidak 40 F. Atau bekukan makanan jika Anda berencana untuk menggunakannya dalam waktu yang lama

Artikel Terkait

Copyright 2011 ISENG ISENG BACA